» » Kamus Budaya K-Pop

Kamus Budaya K-Pop

Dengan popularitas K-Pop yang terus meledak selama beberapa tahun terakhir, banyak fans menemukan diri mereka menjadi lebih tenggelam dalam budaya Korea .
Saat berita akan diterjemahkan dari Korea, ada banyak istilah dan konsep yang berulang kali digunakan.
Melalui Istilah Budaya K-Pop, Semoga artikel ini dapat membantu penggemar baru untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik dari frase yang sering digunakan dalam industri hiburan  Korea.Jika kalian mendengarkan banyak lagu K-Pop, mengikuti berita, menonton acara Drama Korea atau Variety, kalian mungkin pernah mendengar banyak istilah-istilah ini sebelumnya. 
Jika kalian mengetahui hal yang lebih banyak, silahkan tuliskan di box Komen :)
A
Aegyo (애교): Tindakan atau kemampuan untuk menampilkan kelucuan.
Age : Sistem usia Korea dimulai dari usia “1″ saat lahir. Juga, terlepas dari tanggal lahir, orang dianggap setahun lebih tua  setelah tahun baru dimulai.
All Kill: Ketika seorang seniman memiliki lagu  atau album di posisi# 1 di semua situs download musik , seperti Melon, Dosirak dan Soribada. All Kill pada grafik harian adalah normal bagi kelompok populer. Chart mingguan dan bulanan All Kill jauh lebih sulit.
Anti-fan:. “Anti” singkatnya “Ini adalah orang yang mengekspresikan untuk membenci selebriti.
B
Bagel Boy / Girl: Sebuah cara untuk menggambarkan bagaimana seseorang terlihat.”Bagel” adalah kombinasi dari “wajah bayi” kata-kata dan “tubuh glamor.” Untuk pria, itu berubah menjadi “tubuh gladiator.”
Banmal dan joen-dae mal: Banmal adalah pembicaraan informal yang akan digunakan hanya dengan orang-orang dekat kalian atau lebih muda.
Hal ini sangat kasar ketika digunakan berbicara kepada seseorang yang lebih tua atau jika tingkat keakraban belum ditetapkan. Joen-dae mal adalah bentuk sopan dari pidato.
Big 3: Nama untuk tiga agensi hiburan utama di K-Pop: SM Entertainment, YG Entertainment, dan JYP Entertainment. Mereka sangat dominan di dunia K-Pop dan membuat sebagian besar dari pendapatan.
Dengan pertumbuhan terakhir mereka di industri,  Cube Entertainment terkadang ditambahkan dalam menjadi “4 Besar.”
C
CF: Sebuah dukungan komersial
Chuseok: Sebuah perayaan festival panen, mirip dengan Thanksgiving di Amerika.
Comeback Stage : Kinerja pertama dalam sebuah program musik untuk promosi judul lagu baru atau Single. Tidak ada waktu minimum untuk menunggu setelah promosi dari judul lagu sebelumnya.
Seorang artis biasanya memiliki penampilan comeback khusus pada masing-masing pertunjukan musik. Selama comeback, mereka biasanya diizinkan untuk membawakan dua lagu.
Abs Choclate: Abs yang seperti balok-balok cokelat.
D
Daebak: berarti “kemenangan besar”, “sukses besar” atau sesuatu yang mengagumkan.
Digital Single: Sebuah lagu yang hanya tersedia melalui download online.
-Dol (- 돌): versi lebih pendek dari ‘idola’ kata yang akan dikombinasikan dengan kata lain untuk menggambarkan kelompok atau orang. Ex. ”beastly-dols,” “model-dols,” “fairy-dols.”
Dongsaeng (동생): Arti “saudara lebih muda,” ia dapat merujuk ke saudara sedarah, atau teman dekat yang kalian perlakukan sebagai saudara yang lebih muda. Kata ini dapat berlaku untuk kedua jenis kelamin.
E
F
Fan-Chant: Kata-kata yang diucapkan oleh para penggemar untuk menghibur kepada penyanyi selama lagu tertentu. Mereka menciptakan bersama untuk membuat suatu melodi.
Mereka berteriak selama bagian dari lagu yang ketika penyanyi tidak bernyanyi, agar tidak mengganggu mereka. Fan-Chant umumnya terdiri dari nama-nama penyanyi.
Fan Club: klub penggemar resmi dan non-offical diciptakan untuk menjadi lebih terorganisasi dalam mendukung  para artis.
Full Album: Sebuah album yang berisi kurang lebih selusin lagu. Tren terbaru K-Pop para penyanyi lebih banyak merilis single dan album mini  sebelum merilis Full album.
G
Goodbye Stage : Penampilan terakhir di program musik sebelum mengakhiri promosi dari sebuah lagu.
H
Hallyu: Gelombang Korea. Ini adalah istilah untuk peningkatan popularitas budaya Korea di seluruh dunia.
Hanbok: baju tradisional Korea. Hal ini sering ditandai dengan warna-warna cerah dan garis sederhana tanpa saku. Banyak idola biasanya memiliki pemotretan untuk Chuseok.
Hoobae (후배): yaitu seornag junior dengan pengalaman kurang  dalam bidang tertentu. Usia tidak selalu menjadi faktor untuk ini.
Hwaiting (화이팅): Sebuah frase untuk menghibur seseorang  .
Hyung (형): Kakak dan digunakan secara eksklusif oleh seseorang ke seseorang yang lebih tua dari mereka.
Hyungnim (형님): Cara sopan untuk mengatakan ‘hyung. “
I
Idol: Istilah Umum penyanyi muda K-Pop . Apa yang membedakan mereka  penyanyi pada umumnya adalah bahwa mereka juga dilatih untuk melakukan hal-hal lain seperti , MC, DJ model dan tari.
J
JYP: Park Jin Young, juga dikenal sebagai J.Y. Park. Dia adalah pendiri JYP Entertainment.
JYP Nation: nama perkumpulan artis dibawah naungan dari JYP Entertainment .
K
L
Lee Sooman: pendiri SM Entertainment. Saat ini ia adalah ketua agensi.
M
Makjang: Selalu digunakan dalam plot poin  K-Drama
Maknae (막내): Anggota termuda dalam suatu kelompok.
me2day: Sebuah jaringan sosial yang diciptakan di Korea.
Mini Album : Biasanya berisi 2-3 lagu baru selain remix atau instrumental. Ini adalah jalan tengah antara merilis single dan sebuah Full album.
MR Removed: Sebuah lagu yang telah memiliki bantuan musik kemudian dihapus sehingga suara hanya suara penyanyi itu yang terdengar  . Mereka dapat digunakan untuk mendengar seberapa baik seorang penyanyi tersebut dalam membawakan lagu live
Program Musik: Termasuk acara seperti M! Countdown, KBS Music Bank, MBC Music Core, SBS Inkigayo dan banyak lagi. Selama promosi untuk lagu atau album baru, para artis akan ingin untuk tampil di acara-acara ini untuk mempromosikan lagu baru mereka. MC dari setiap program dapat berubah beberapa kali dalam setahun. berikut jadwalnya :
Mnet M! Countdown – Kamis – 6:00 KST.  = “Song of the week”
jTBC Musik On Top – Kamis
KBS Music Bank – Jumat 05:50 KST.  = K-Chart. Tidak ada batasan pada menang.
MBC Music Core – Sabtu 03:50 KST. Tidak ada pemenang mingguan
SBS Inkigayo – Minggu 03:50 KST. = Mutizen
MV: Music Video
N
Netizen: Sebuah kombinasi dari kata-kata bahasa Inggris  ’Internet’ dan “Citizen. ‘
Noona, Nuna atau (누나): 1. berarti kakak dan digunakan secara eksklusif oleh anak laki-laki untuk seorang gadis yang lebih tua dari mereka. 2. Pacar dalam sebuah hubungan di mana gadis itu lebih tua.
Nunim (누님): Cara sopan untuk mengatakan ‘nuna.’
Noraebang: Karaoke
O
Oppa (오빠): Berarti kakak dan digunakan secara eksklusif oleh perempuan ke laki-laki yang lebih tua. Hal ini juga dapat digunakan untuk pacar dalam suatu hubungan di mana laki-laki itu lebih tua.
Omona: Sebuah ekspresi. Ini adalah versi Korea dari “Ya Tuhan!”
P
PV:  J-pop, video promosi istilah (PV) digunakan sebagai pengganti video musik (MV).
T
R
Album repackaged: Ketika sebuah full album kembali dirilis dengan judul lagu baru, di samping lagu lainnya dan remixe. Hal ini biasanya dirilis segera setelah promosi untuk judul lagu pertama telah berakhir.
Rookie: penyanyi atau kelompok yang baru memulai debut. Mereka biasanya disebut sebagai Rookie selama satu tahun
S
Ssaesang: istilah untuk para penggemar obsesif yang mengikuti selebriti favorit mereka siang dan malam. Hal ini mirip dengan istilah “penguntit.”
Ssanti: murah, cheesey atau konyol. Di K-Pop biasanya digunakan untuk menggambarkan gaya tari seseorang.
Selca: Sebuah kombinasi dari kata “diri”(Self) dan “kamera,” (Camera) , biasanya dilakukan ketika menghadap cermin. para artis cenderung memposting  foto ini di Twitter mereka atau akun Me2Day.
S-Line (에스 라인): Suatu istilah untuk menggambarkan sosok wanita dengan badan yang indah. (Shin Se Kyung S-Line)
SM Town: Nama lain untuk artis SM Entertainment . Itu juga merupakan nama untuk tur konser besar mereka yang menampilkan semua artis yang bernaung dibawahnya.
Subunit: Sebuah kelompok kecil dibentuk dengan anggota dari kelompok yang lebih besar untuk rilis musik atau proyek.
Misal : sub-unit:
Super Junior-M: Super Junior
Trouble Maker: Hyuna (4minute) Hyun Seung & (BEAST)
Orange Caramel: After School
GD & TOP: Big Bang
Sistar19: Sistar
Sunbae (선배): Senior. seseorang dengan pengalaman lebih . Usia tidak selalu menjadi faktor untuk istilah ini.
Ex: Big Bang adalah sunbae dari 2NE1, meskipun Bom dan Dara yang lebih tua dari mereka. Dalam arti non-profesional, Dara dan Bom adalah noona mereka.
Sunbaenim (선배님): Cara sopan untuk mengatakan ‘sunbae.’
T
Track Title: Lagu utama dalam album atau Single. Ini adalah lagu yang akan memiliki sebuah video musik dan akan ditampilkan pada Acara Musik.
Trainee: Istilah untuk penyanyi / artis selama bertahun-tahun melakukan latihan. Setiap Orang dianggap seperti itu sampai mereka membuat debut resmi mereka.
Pelatihan panjang bervariasi, tetapi biasanya  lebih dari dua tahun.
Triple Crown: Nama penghargaan ketika lagu seorang artis menang tiga minggu pada program musik M! Countdown dan Inkigayo. Lagu ini kemudian  tidak bisa menang lagi.
U
UnitedCube: Nama konser yang diselenggarakan oleh Cube Entertainment.
Unni (언니): Berarti kakak. Hal ini digunakan secara eksklusif oleh perempuan terhadap seorang gadis yang lebih tua.
V
V-Line: Sebuah wajah oval yang ramping.
W
White Day: Dirayakan di Jepang dan Korea,  pada 14 Maret, sebulan setelah hari Valentine. Pada hari ini, anak laki-laki membayar kembali kepada perempuan yang telah memberi mereka coklat pada hari Valentine.
Bulan berikutnya, “Black Day”  dirayakan oleh orang-orang Single.
X
Y
YG: Yang Hyun-Seok pendiri, pemilik, dan CEO YG Entertainment.
YG Family: Istilah bagi para artis di bawah label YG Entertainment.
Source : Soompi
Indotrans : Kidihae@Koreanindo
Shared by Rena @KoreanChingu
TAKE OUT WITH FULL CREDIT!!!!!!!
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya