Pages

  • Home
  • MyYoutube
  • MyFacebook
  • MyInstagram

5 Blogger Terbaik di Indonesia Berbagi Lebih dari 20 Tips Membuat Blog yang Sukses


Hanya ada 1 pertanyaan besar yang saya yakin semua blogger di dunia ini pasti ingin tahu jawabannya: Bagaimana sih caranya supaya blog kita sukses?
Anda juga pasti demikian.
Kemudian mulailah petualangan mencari ilmu dan informasi blogging.
Masalahnya ketika mencari tips membuat blog di Google maupun forum komunitas, baaanyak sekali informasi yang tidak jelas. Parahnya lagi, tips dari si A dan si B sampai si Z seringkali bertentangan.
Tidak ada jawaban yang pasti.
Dan kita tidak yakin tips mana yang benar…mana yang salah.
Tapi, bagaimana kalau anda bisa mendapatkan tips langsung dari para ahlinya? Dari mereka yang sudah sukses membuat blog.
Untuk itulah saya mewawancarai 24 blogger terbaik di Indonesia dengan 1 pertanyaan ini:
“Apa strategi paling ampuh untuk mempercepat perkembangan blog baru?”
Dan jawabannya, luar biasa…artikel ini mungkin akan jadi satu-satunya panduan yang anda perlukan untuk bisa membuat blog yang sukses seperti mereka.

Para blogger yang berpartisipasi:

Inilah daftar blogger yang berpartisipasi memberikan strategi terbaiknya.
Silahkan pilih nama blog (berdasarkan alfabet) yang ingin anda baca kemudian klik untuk langsung menuju jawaban dari wawancaranya.
Atau langsung baca secara berurutan:

Tips Membuat Blog yang Sukses

Diurutkan berdasarkan waktu diterimanya jawaban dari tiap blogger.
Marikxon Manurung — Maxmanroe (Twitter)
Marikxon Manurung Maxmanroe1. Konten
Strategi pertama tentunya memaksimalkan konten di dalam blog kita terlebih dahulu.
Membangun konten di blog kita jangan semata-mata berdasarkan jumlah pencari keywords tertentu, tapi lebih ke manfaat konten dan cara penyajiannya di blog.
Navigasi blog kita juga berpengaruh.
Satu konten berkualitas tanpa menawarkan links ke artikel terkait pasti hasilnya kurang maksimal. Dengan navigasi yg baik, kita bisa arahkan audiens utk membaca artikel lain yg berhubungan dengan artikel yg baru dia baca.
2. Pemasaran
Pemasaran blog yg biasa saya lakukan adalah dengan cara gratis dan berbayar.
  • Gratis: SEO, Media sosial (FB, Twitter, G+, Instagram), forum aktif
  • Berbayar: FB ads, Twitter ads, email list, memasang feed/links di blog2 terkenal dan punya visitor loyal.
Semua proses pemasaran tersebut (free dan berbayar) dilakukan secara terus menerus. Kombinasi ke semuanya itu bisa membuat blog jadi lebih cepat populer, baik di media sosial maupun di search engine.
Berdasarkan pengalaman saya, proses pemasaran ini akan sangat mudah bila kita punya tim. Kerja sendirian pasti hasilnya gak maksimal.
3. Konsistensi
Apapun bisnisnya kalau kita gak konsisten pasti tidak akan berkembang. Iya kan? Sama juga dengan blogging, kalo ga konsisten ya tidak usah berharap banyak.
Berdasarkan pengalaman saya, kalau kita konsisten dalam blogging, setidaknya dalam waktu 1 tahun blog itu sudah menghasilkan banyak (uang) dan stabil.
Tapi bukan jaminan akan terus begitu, kalau gak konsisten dan tidak ada inovasi maka blog terkenal juga bisa colaps dan ‘terjun bebas’ trafiknya.
Rhein Mahatma — StartupBisnis (Twitter)
Rhein Mahatma StartupBisnisDalam membuat konten, usahakan
1. Menyasar 2 target sekaligus :
Pertama, manusia.
Selalu bayangkan bagaimana konten Anda menjadi sebuah buku best seller di Gramedia (katanya sih kalau laku minimal 3000 buku bisa disebut best seller), dibeli banyak orang dan dibawa orang ke tempat tidur, dibaca sebelum tidur (karena saya selalu terkenang masa kecil saya sering baca buku sebelum tidur).
Kedua, search engine. Mengandung keyword yang anda target.
2. Memecahkan masalah penting yang dihadapi pembaca Anda, jika memungkinkan Anda bisa mengubah hidup orang banyak lewat konten Anda dan membuat orang lain lebih sukses.
3. Selalu punya target membuat konten yang terbaik di industry yang anda geluti.
Untuk memastikan konten anda terus berkembang dan berevolusi dengan progresif, perhatikan konsep 70 20 10:
70% konten basic/how to/kebutuhan dasar (jenis konten yang biasanya akan membentuk branding anda). 20% konten yang sedikit mengambil risiko (yang potentially menjadi the next 70%) 10% konten high risk yang sama sekali baru.
4. Konsistensi.
5. Selalu mencari channel-channel baru, jika mendapatkan channel baru yang belum saturated, segera naikkan budget Anda di channel tersebut.
6. Partnership untuk building brand. Bisa jadi brand yang anda bangun suatu hari memiliki valuasi besar. Pada umumnya blog yang bukan personal brand (nama-anda.com) selain lebih mudah untuk membangun partnership, juga lebih mudah untuk mendorong UGC (user generated content).
7. Kalau bisa jangan terlalu nge-gank. Alias setiap bikin meetup atau nulis konten hanya melibatkan/menulis tentang segelintir pelaku industry saja.
8. Selalu mencari dan meng-exploit / meng-close gap di industry dengan konten Anda (bahasa lain : memecahkan masalah)
9. Selalu mem-benchmark pada orang-orang di atas anda.
Misalnya jika saat ini sudah punya cukup banyak uang dengan bekerja 3-4 jam sehari, cari tahu kenapa & bagaimana caranya ada beberapa orang yang bekerja 16 jam sehari dan memiliki perusahaan dengan nilai triliunan dalam 3 tahun.
(note : tips ini hanya cocok untuk yang ingin change the world. Tidak cocok untuk yang ingin hidup santai banyak uang).
10. Pahami berbagai macam bisnis model media (blog itu media kan?) termasuk kenapa beberapa media diakuisisi. kenapa Amex mengakuisisi OpenForum? kenapa News Corp (Rupert Murdoch) mengakuisisi VCCircle di India? kenapa BuzzFeed diinvest Andressen Horowitz? kenapa TechCrunch diakuisisi AOL?
Dengan memahami ini mindset anda akan lebih holistik.
Yodhia Antariksa — StrategiManajemen (Twitter)
Yodhia Antariksa StrategiManajemen1. Tema blog spesifik sesuai dengan niche market yg dibidik. Sebagai contoh punya saya khusus tentang manajemen bisnis.
2. Diisi dengan konsisten, minimal seminggu sekali, syukur dua kali, dan kalau bisa dijadwalkan misal tiap senin dan kamis….supaya pembaca juga punya habit untuk datang ke blog kita. Karena selalu ada konten baru.
3. Mutu tulisan harus bagus….bisa gaya penulisannya, atau memang cara penyampaiannya, atau juga disertai data/teori/science yang mendukung tulisan kita.
Trinity — The Naked Traveler (Twitter)
Trinity TrinityTraveler1. Promosi di social media.
  1. Konsisten, baik isi, frekuensi, tampilan, panjangnya artikel, dan lain-lain.
  2. Tinggalkan jejak berupa link di situs yang populer.


Taufik Hidayat — TMCBlog (Facebook)
Taufik Hidayat TMCBlogYang pertama pasti konten : pilih tema blog yang sempit dan paling dikuasai. Ini dikarenakan blog akan berkembang jika ditulis secara kontinu, dan untuk kontinu jika kita tidak menguasai tema maka akan stuck.
Yang kedua, buat diferensiasi : Topik konten boleh sama , namun cara penyajian dan sudut pandang analisis pasti berbeda.
Yang ketiga : Buat tulisan yang baik karena saya hanya percaya bahwa Good news is still a Good news. Sesuatu yang baik hanya berasal dari sesuatu yang baik juga.
Yang keempat : Pertahankan endurance menulis.
Yang kelima : Buat interaksi dengan pembaca.

Itulah semua tips dari para ahli!

Terima kasih yang sebesar-besarnya kepada para blogger terbaik Indonesia yang bersedia meluangkan waktunya untuk diwawancarai…meskipun oleh saya yang bukan siapa-siapa.
Inilah semua tips yang anda butuhkan untuk membuat blog yang sukses.
Semua tips pastinya sudah teruji.
Maka dari itu tidak ada alasan untuk ragu-ragu. Sekarang yang perlu anda lakukan adalah mengaplikasikan tips ini ke blog anda sendiri.
1 hal lagi:
Ada beberapa tips yang sepertinya bertentangan. Misalnya beberapa menyarankan tidak perlu terlalu sering menerbitkan konten, ada juga yang menyarankan sebaiknya sering.
Mana yang benar?
Keduanya benar.
Tergantung dari jenis blognya.
Jadi…lihat dulu jenis blog yang mereka miliki, dan blog yang anda miliki.
Ingin berpartisipasi?
Apa tips blogging paling efektif menurut anda? Tuliskan melalui komentar di bawah.
Tips yang menarik akan saya sertakan dalam artikel ini.
Sumber : http://panduanim.com/tips-membuat-blog/

0 komentar:

Post a Comment