Pages

  • Home
  • AboutMe
  • MyFacebook
  • MyTwitter
  • MyLinkedin

Sejarah Unik Tapi berguna bagi Dunia!!


Spoiler for prolouge:

gak repost gan
setelah baca ini pls do leave the comment


Mau tahu apa aja sejarah yang unik?

Check This Out :Maho

Ambulance

Spoiler for ambulance:


Bermula dari abad ke- 11 ketika seorang bangsawan bergelar Knights of St. Jhon bertindak sebagai paramedis hawat darurat selama perang salib. Keahliannya di peroleh dari yunani dan arab. Ketika perang jhon dan temannya berusaha menyelamatkan nyawa para korban dengan cara membawa mereka satu per satu dengan tandu sederhana. Selama perang Jhon berusaha pula menularkan semangat kemanusiaannya tersebut kepada perajurit yang terluka yang kondisinya sudah membaik. Tandu demi tandu bolak balik melintasi medan perang demi nyelematkan nyawa manusia. Inilah konsep layanan ambulance PERTAMAX didunia

ni orangnya gan


BRA AKA BEHA

Spoiler for bra:
NENEK MOYANG BRA
sebelom munculnya BH perempuan tau lebih dulu mengenal korset. Korset ditemukan oleh catherine de Medici, isteri raja Henri II pada abad pertengahan 15 catherine membuat pertaturan khusus bagi penampilan para bangsawan dan penghuni istana. yaitu mereka dilarang gemuk., sebaliknya harus berlekuk dalam alias ramping. Sejak saat itu catherine pun mulai menganjurkan pemakaian korset bagi para perempuan di kerajaannya. Anehnya semua perempuan mengabaikan rasa sakit untuk menjadi lebih ramping menggunakan korset.

Penemu BH
Mary phelps jacob penyelamat kaum hawa dari siksaan korset. Dialah yg menemukan BH pertama kali pada tahun 1913 tanpa sengaja, Ketika itu, perempuan NY ini berencana menghadiri sebuah pesta yang mewajibkannya berpenampilan resmi, tetapi penampilan korset justru memperjelek dirinya , lalu ia memiliki ide , saputangan sutranya dan beberapa pita. Tanpa sadar mary menemukan BH yang PERTAMAX!!
ni Orangnya gan

bentuk pertamaxnya gan

kata bra berasal dari bahasa prancis kuno yang artinya lengan atas

lalu siapa pengembang BEHA?

Ida rosanthal membuat bra berbentuk mangkuk yang berbeda" berdasarkan ukuran payudara
yang mengembangkannya gan


BH masuk ke indonesia
awal mulanya dari prempuan bangsa belanda. Bra dipakai pertama kali sebagai daleman kebaya
kata BH singkatan dari Breast Holder yg artinya pemegang payudara


Sikat gigi & Odol

Spoiler for sikat gigi & odol:
Alat pembersih berbulu ini diciptakan pertama kali pada zaman cina kuno. mereka menggunakan bulu hewan, yaitu bulu leher babi yang hidup pada musim dingin. Di arab, penduduknya lebih suka memakai siwak yang terbuat dari ranting/akar phon. Sementara di indonesia, sabut kelapa menjadi alat pembersih gigi karena mudah di dapat.

Dibenua eropa, sikat gigi diperkenalkan pertama kali oleh william Addis, seorang Napi asal ingris. Ketika itu, ia mengisi waktu luangnya di penjara dengan memanfaatkan barang bekas yang ada di sekitarnya. Salah satunya ia mencoba dengan tulang sisa makanan para napi. Dengan menggunakan bulu sikat rambut milik sipir penjara, dia yang menciptakan sikat gigi modern.
Pada tahun 1780 degan jenis gagang yang lebih bagus ia memasarkan sikat gigi secara masal.

ni orangnya gan


Spoiler for Odol:
Penduduk cina kuno menemukan sikat gigi, mereka mulai mencari cara agar hal tersebut lebih mudah dan nyaman. saat inilah muncul pasta gigi sekitar 500 SM , tak hanya di china, di india juga menemukan odol


Plester

Spoiler for Plester:


Earle Dickson adalah seorang pegawai di perusahaan Johnson & johnson. Ia bertugas membeli kapas bagi perusahaan. Saat itu ahun 1921, Earle sering mencuri waktu di kantor untuk mengutak-atik beberapa benda yang di temukan nya demi menciptakan alat pelindung luka yang diinginkannya.
pada suatu hari, setelah banyak percobaan yang gagal, Earle bergerak untuk meletakkan sepotong kecil kain kassa di tengah" pita perekat , selanjutnya, ia melumuri cairan pensteril pada permukaan kain kasa. Tanpa sengaja, Bos Earle yg bernama James Johnson melihat penemuan anak buahnya itu. Ia langsung merasa tertarik dan menawarkan sebuah kerja sam. Tak lama, temuan earle mulai di produksi massal oleh Johnson & Johnson dengan nama Band Aid Adapun si penemu sendiri diangkat menjadi Wapres perusahaan tersebut
ni orangnya gan


Popok
Spoiler for popok:
Ditemukan pertama kali oleh Marion O'Brien, seorang lulusan sastra tahun 1939 di Rosemont college. namun ketika james donovan menikahinya mereka dikaruniai anak perempuan bernama sharon , marion mulai resah . Ia menyadari betapa repotnya mencuci popok. Lalu dia membuat popok plastik yang bernama boater. popok boater terbuat dari tirai plastik kamar mandi. Untuk sementara, marion kembali menemukan sejumlah ide baru. Ia menggunakan bahan serap sekali pakai, yang di padu dengan design popok boater-nya. Dan hasilnya, marion menciptakan popok sekali-pakai pertama yang jauh lebih nyaman dari sebelummnya. ia menggunakan kain nilon parasut dan memasang kancing jepret

ni orangnya gan

Jalan Beraspal

Spoiler for Jalan beraspal:
Jalan beraspal modern pertama dibuat tahun 1984 di champ-Elysees, Paris. Blok aspal untuk jalan tersebut adalah hasil karya Edward de Smedt, seorang imigran belgia yg bekerja di universitas columbia, USA.
Pada tahun 1872, aspal ciptaan de smedt direkayasa sedemikian rupa sehingga mencapai standart maximal. Aspal kemudian digunakan untuk membuat jalan di Battery park dan Fifth Avenue, NY, pada tahun 1872. Pun, jalan pensylvania avenue di Washington D.C, pada tahun 1877.

maap gan orang nya gak begitu terkenal


Traffic Light

Spoiler for traffic Light:
Lampu merah ato traffic light pertamax kali di pasang di persimpangan George dan streets Bridge, London, England, pada tahun 1868. Rambu ini adalah ciptaan JP knight . Memasuki abad berikutnya abad ke-19, kemajuan pengetahuan dan teknologi memunculkan sejumlah lampu lalu lintas yang lebih modern sebelumnya.
Salah satu hasil inovasi lampu lalu lintas diciptakan oleh Earnest Srrine asal Chicago, pada tahun 1910. Inilah lampu merah otomatis pertama di awal abad ke-19. Karya earnest ini dilengkapi kata stop (berhenti) dan proceed (lanjutkan), sayangnya kata" tersebut tidak glow in the dark alias menyala.
Seorang asal utah juga pernah menemukan lampu merah listrik pada tahun 1912. sayangnya sang pencipta tidak mematenkannya .
Setahun kemudian, sebuah lampu lalu lintas manual buatan James Hoge dipasang di cleveland, Ohio. Tapi, pada tahun berikutnya ketika sebuah perusahaan listrik telah berdiri di tempat itu, lampu lalu lintas tersebut diubah oleh penciptanya.
Hoge memberikan listrik untuk menerangi kata Stop dan move.
Pada tahun 1917, william Ghiglieri asal san Francisco, California, menciptakan lampu lalu lintas otomatis pertamax yang di lengkapi dengan sinyal merah dan hijau. 4 Tahun berikutnya seorang anggota kepolisian detroit berhasil membuat lampu lalu lintas 4 arah, lampu lalu lintas ini yang pertamax memakai sinyal berwarna kuning, selain hijau dan merah, seperti yang di kenal hingga sekarang

Ni gan orangnya


Hollywood

Spoiler for Hollywood:
Semua daerah hollywood milik keluarga Wilcox yang dibeli pada tahun 1887. Di atas tanah yang sangat luas ini, kleuarga wilcox berencana membuat sebuah perkampungan idaman pada masa itu yang bebas dari kejahatan dan alcohol. Seiring waktu, satu persatu keluarga berdatangan dan menghuni tanah ini, hingga membentuk perkampungan kecil. Nama Hollywood berasal dari istrinya yang melihat karavan gypsi.
Pada tahun 1920-an seorang pengusaha perumahan melihat sebuah kesempatan dari wiliyah perbukitan yg ada di LA ini. Dia adalah M.H. Sherman. Ia seolah bisa memprediksi kalau wilayah tersebut mempunyai prospek yang bagus di masa depan kelak. Ia pun membeli tanah di daerah itudan mulai membangun perumahan kecil. Untuk mempromosikan usahanya, Ia berniat memasang papan iklan yang lain daripada yang lain. Tentu saja, ini demi menarik minat pembeli. M.H. Sherman ingin mengeruk untung yang banyak dari bisnis perumahannya. tapi umur perusahan developper Sherman ternyata tidak sepanjang harapan pemiliknya

ni gan photo jadul hollywood
 
sumber :http://www.kaskus.us/showthread.php?t=5182396

0 komentar:

Post a Comment